RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Darul
Falah Cihampelas
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester :
X (Sepuluh) / 2 (dua)
Waktu :
2 jam pelajaran (2x 40menit)
Standar Kompetensi :
3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
Kompetensi
Dasar :
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan
kuantitatif
Indikator :
1.
Mendeskripsikan fungsi
dan bagian alat optik pada mata dan kacamata, kamera, lup, dan mikroskop
2.
Membedakan pengamatan
tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum
3.
Menganalisis pembentukan
bayangan pada mata dan kacamata, kamera, lup, dan mikroskop
4.
Menentukan kekuatan lensa
kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi
5.
Menghitung perbesaran
lup dan mikroskop
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran ini siswa diharapkan mampu menjelaskan fungsi dari bagian alat optik,
pembentukan bayangan, kekuatan lensa, dan perbesaran.
II.
Materi
Pembelajaran
1.
Alat-alat optik
III. Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran :
Direct Instruction
2.
Metode Pembelajaran :
Ceramah, Demonstrasi, dan Diskusi
IV. Langkah – Langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan (5 menit)
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,
memeriksa kehadiran siswa, kemudian guru melakukan :
v Apersepsi :
Guru meminta siswa
yang berkacamata maju ke depan, lalu mengajukan pertanyaan :
-
Ada yang tahu mengapa teman kalian ini memakai kacamata?
-
Coba kalian sebutkan alat-alat optik yang kalian ketahui!
v
Motivasi :
Guru menjelaskan berbagai fenomena sambil mengajukan pertanyaan
berikut :
-
Mengapa kita dapat melihat benda-benda langit yang jauh?
-
Mengapa kita dapat melihat bakteri yang sangat kecil?
v
Informasi :
Guru menginformasikan standar kompetensi, kompetensi
dasar dan indikator yang harus siswa capai setelah melakukan pembelajaran
melalui slide dalam power point.
2.
Kegiatan inti (70
menit)
v
Eksplorasi
-
Guru
berdiskusi dengan siswa tentang bagian-bagian mata dengan menggunakan power
point.
-
Guru
menjelaskan pada siswa dengan tanya jawab tentang pembentukan bayangan pada mata
tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum.
-
Guru
berdiskusi dengan siswa tentang jalannya sinar pada cacat mata myopi,
hipermetropi, dan presbiopi.
-
Guru
berdiskusi dengan siswa tentang kacamata penolong untuk cacat mata myopi,
hipermetropi, dan presbiopi.
-
Guru
berdiskusi dengan siswa tentang bagaimana menghitung kekuatan kacamata negatif dan
kacamata positif dengan menggunakan rumus.
-
Guru
berdiskusi dengan siswa tentang fungsi dari bagian alat
optik dan perbesaran pada kamera, lup, dan mikroskop.
v
Elaborasi
Guru meminta siswa mengerjakan beberapa soal dengan mencontohkan cara penyelesaian
soalnya.
v
Konfirmasi
Guru memberi
penguatan tentang latihan soal yang telah dikerjakan siswa.
3.
Penutup (5 menit)
v
Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses
pembelajaran dan hasil belajar yang telah mereka peroleh.
v
Guru menugaskan siswa mengerjakan PR yaitu latihan soal.
v
Guru menginformasikan bahwa minggu depan adalah praktikum untuk membuat
teropong sederhana, kemudian menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
V.
Sarana
dan Sumber Belajar
1.
Buku Fisika SMA 4. Lup
2.
LKS 5.
Mikroskop
3.
Power point
VI. Penilaian
-
Jenis penilaian :
tugas kelompok
-
Bentuk : unjuk kerja,
laporan
Cihampelas, 26 Oktober 2010
Mengetahui
Kepala SMA Darul Falah, Guru Mata Pelajaran
H. Asep Gojwan S, M.Pd Rohadian Nurul Amal
NIP. 19730708200003.1.004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar