RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Darul
Falah Cihampelas
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / 2 (Dua)
Waktu :
2 jam pelajaran (2x 40menit)
StandarKompetensi :
4.
Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan
energi
KompetensiDasar :
4.1
Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
Indikator :
1.
Menganalisis pengaruh
perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian).
2.
Menghitung
pertambahan panajng, luas dan volume benda jika suhu dinaikkan.
3.
Menganalisis pengaruh
kalor terhadap perubahan wujud benda.
4.
Membuat grafik
perubahan suhu terhadap waktu.
5.
Menghitung jumlah
kalor yang diperlukan untuk mengubah es menjadi air.
I.
TujuanPembelajaran
Setelah
pembelajaran ini siswa diharapkan mampu Menganalisis pengaruh kalor terhadap ukuran
dan wujud benda.
II.
MateriPembelajaran
1.
Pemuaian
2.
Kalor
III. MetodePembelajaran
1.
Model Pembelajaran :
Direct Instruction
2.
Metode Pembelajaran :
Ceramah, Demonstrasi, dan Diskusi
IV. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
Pendahuluan (5 menit)
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,
memeriksa kehadiran siswa, kemudian guru melakukan :
v
Apersepsi :
Guru mengajukan pertanyaan :
-
Sebutkan persamaan untuk konversi termometer Celcius, Fahrenheit, Reamur,
dan Kelvin?
-
Apa yang dimaksud dengan suhu?
v
Motivasi :
Guru menjelaskan berbagai fenomena sambil mengajukan pertanyaan berikut :
-
Mengapa pada rel kereta api dan kaca jendela di rumah kalian terdapat celah
di setiap sisinya?
-
Kalian tentu pernah melihat rokok atau bahkan mungkin diantara kalian ada
yang merokok. Apa yang kalian lakukan saat menginjak puntung rokok yang
menyala?mengapa bisa demikian?
-
Bagaimana cara merubah dengan cepat es menjadi air?
-
Berapa besar panas yang diperlukan?
-
Apa perbedaan suhu dan kalor?
v
Informasi :
Guru menginformasikan standar kompetensi, kompetensi
dasar dan indikator yang harus siswa capai setelah melakukan pembelajaran
melalui slide dalam power point.
2.
Kegiatan inti (70
menit)
v
Eksplorasi
Guru berdiskusi
dengan siswa tentang pemuaian pada zat padat, zat cair, dan gas.
v
Elaborasi
-
Siswa melakukan praktikum sesuai dengan kelompok masing-masing dengan
mengikuti petunjuk pada LKS.
-
Siswa mempresentasikan hasil praktikum masing-masing kelompoknya untuk saling
bertukar informasi karena berbedanya praktikum tiap kelompok.
v
Konfirmasi
Guru memberi
penguatan tentang latihan hasil presentasi yang telah diungkapkan oleh
masing-masing kelompok.
3.
Penutup (5 menit)
v
Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses
pembelajaran dan hasil belajar yang telah mereka peroleh.
v
Guru menugaskan siswa mengerjakan PR yaitu :
”1. Contoh-contoh soal
2. Tulis persamaan-persamaan tentang kalor, kalor jenis, dan kapasitas
kalor beserta keterangannya di buku catatan masing-masing”
v
Guru menginformasikan bahwa minggu depan adalah penyampaian materi tentang pengaruh
kalor terhadap perubahan wujud benda, cara perpindahan kalor, dan asas Black,
kemudian menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
V.
Sarana
dan Sumber Belajar
1.
Buku Fisika SMA 7. Gelas kimia
2.
LKS 8.
Termometer
3.
Power point 9. Spirtus
4.
Es 10.
Stopwatch
5.
Neraca
O’hauss 11.
Besi
6.
Kaki
tiga 12.
Kayu
VI. Penilaian
-
Jenis penilaian :
tugas kelompok
-
Bentuk : unjuk kerja,
laporan
Cihampelas, 26 Oktober 2010
Mengetahui
Kepala SMA Darul Falah, Guru Mata Pelajaran
H. Asep Gojwan S, M.Pd Rohadian Nurul Amal
NIP. 19730708200003.1.004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar