Sabtu, 26 Mei 2012

rpp alat optik


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                  : SMA Darul Falah Cihampelas
Mata Pelajaran                    : Fisika
Kelas / Semester                : X (Sepuluh) / 2 (Dua)
Waktu                                    : 2 jam pelajaran (2x 40menit)


Standar Kompetensi   :
3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik 

Kompetensi Dasar  :
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif

Indikator  :
1.    Menjelaskan pembiasan cahaya pada lensa
2.    Menganalisis pembentukan bayangan pada lensa

I.         Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan mampu menjelaskan pembiasan dan pembentukan bayangan pada lensa.

II.       Materi Pembelajaran
1.    Pembiasan pada lensa

III.    Metode Pembelajaran
1.    Model Pembelajaran : Direct Instruction
2.    Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, dan Diskusi

IV.      Langkah – Langkah Pembelajaran
1.    Pendahuluan (5 menit)
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, memeriksa kehadiran siswa, kemudian guru melakukan :
v  Apersepsi :
Guru mengajukan pertanyaan :
-          Apa itu lensa?
-          Coba kalian sebutkan alat-alat apa saja yang menggunakan lensa!
v  Motivasi :
Guru menjelaskan berbagai fenomena sambil mengajukan pertanyaan berikut
-          Ada yang tahu apa yang menentukan sifat bayangan yang dibentuk oleh lensa?
-          Ukuran kacamata dinyatakan oleh apa?
v  Informasi :
Guru menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator yang harus siswa capai setelah melakukan pembelajaran melalui slide dalam power point.
2.    Kegiatan inti (70 menit)
v  Eksplorasi
-          Guru berdiskusi dengan siswa tentang perbedaan lensa cembung dan cekung dengan melakukan demonstrasi.
-          Guru menjelaskan jenis-jenis lensa cembung dan cekung.
-          Guru memperlihatkan animasi jalannya sinar yang melewati lensa cembung dan cekung melalui power point.
-          Guru menampilkan sinar-sinar istimewa pada lensa cembung dan cekung.
-          Guru menjelaskan sifat-sifat bayangan.
-          Guru menjelaskan persamaan umum cermin dan lensa lengkung yang tipis dan perjanjian tandanya.
-          Guru menjelaskan kuat lensa.
-          Guru berdiskusi dengan siswa tentang besar fokus dan perbesaran lensa untuk lensa gabungan.
v  Elaborasi
-          Guru meminta siswa melukiskan bayangan pada kedua lensa untuk benda yang diletakkan antara F2 dan 2F2.
-          Guru meminta siswa mengerjakan beberapa soal dengan mencontohkan cara penyelesaian soalnya.
v  Konfirmasi
Guru memberi penguatan tentang lukisan bayangan dan latihan soal yang telah dikerjakan siswa di papan tulis.

3.    Penutup (5 menit)
v  Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran dan hasil belajar yang telah mereka peroleh.
v  Guru menugaskan siswa mengerjakan PR yaitu berupa tugas terstruktur :
”Buatlah artikel tentang penggunaan dan cara kerja alat-alat optik modern dalam kehidupan sehari-hari”
v  Guru menginformasikan bahwa minggu depan adalah penyampaian materi tentang pembentukan bayangan, kekuatan dan perbesaran lensa pada mata dan kacamata, lup, mikroskop dan teropong, kemudian menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.

V.        Sarana dan Sumber Belajar
1.    Buku Fisika SMA                                    4. Lensa bikonveks
2.    LKS                                                     5. Lensa bikonkaf
3.    Power point                                          6. Senter

VI.      Penilaian
-          Jenis penilaian : tugas kelompok
-          Bentuk : unjuk kerja, laporan










Cihampelas, 26 Oktober 2010
Mengetahui
Kepala SMA Darul Falah,                                                          Guru Mata Pelajaran



H. Asep Gojwan S, M.Pd                                                         Rohadian Nurul Amal
NIP. 19730708200003.1.004                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar