RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Sekolah : SMA Darul
Falah Cihampelas
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester :
X (Sepuluh) / 2 (Dua)
Waktu :
2 jam pelajaran (2x 40menit)
Standar Kompetensi :
3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
Kompetensi
Dasar :
3.1 Menganalisis
alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
Indikator :
1.
Menjelaskan pembiasan
cahaya pada lensa
2.
Menganalisis pembentukan
bayangan pada lensa
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran ini siswa diharapkan mampu menjelaskan pembiasan dan pembentukan bayangan
pada lensa.
II.
Materi
Pembelajaran
1.
Pembiasan pada lensa
III.
Metode
Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran :
Direct Instruction
2.
Metode Pembelajaran :
Ceramah, Demonstrasi, dan Diskusi
IV.
Langkah
– Langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan (5 menit)
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,
memeriksa kehadiran siswa, kemudian guru melakukan :
v
Apersepsi :
Guru mengajukan pertanyaan :
-
Apa itu lensa?
-
Coba kalian sebutkan alat-alat apa saja yang menggunakan lensa!
v
Motivasi :
Guru menjelaskan
berbagai fenomena sambil mengajukan pertanyaan berikut
-
Ada yang tahu apa yang menentukan sifat bayangan yang dibentuk oleh lensa?
-
Ukuran kacamata dinyatakan oleh apa?
v
Informasi :
Guru
menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator yang harus
siswa capai setelah melakukan pembelajaran melalui slide dalam power point.
2.
Kegiatan inti (70
menit)
v
Eksplorasi
-
Guru berdiskusi dengan
siswa tentang perbedaan lensa cembung dan cekung dengan melakukan demonstrasi.
-
Guru menjelaskan jenis-jenis
lensa cembung dan cekung.
-
Guru memperlihatkan animasi
jalannya sinar yang melewati lensa cembung dan cekung melalui power point.
-
Guru menampilkan sinar-sinar
istimewa pada lensa cembung dan cekung.
-
Guru menjelaskan sifat-sifat
bayangan.
-
Guru menjelaskan persamaan
umum cermin dan lensa lengkung yang tipis dan perjanjian tandanya.
-
Guru menjelaskan kuat lensa.
-
Guru berdiskusi dengan
siswa tentang besar fokus dan perbesaran lensa untuk lensa gabungan.
v
Elaborasi
-
Guru meminta siswa
melukiskan bayangan pada kedua lensa untuk benda yang diletakkan antara F2
dan 2F2.
-
Guru meminta siswa mengerjakan beberapa soal dengan mencontohkan cara penyelesaian
soalnya.
v
Konfirmasi
Guru memberi penguatan
tentang lukisan bayangan dan latihan soal yang telah dikerjakan siswa di papan
tulis.
3.
Penutup (5 menit)
v
Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses
pembelajaran dan hasil belajar yang telah mereka peroleh.
v
Guru menugaskan siswa mengerjakan PR yaitu berupa tugas terstruktur :
”Buatlah artikel tentang penggunaan dan cara kerja alat-alat optik modern
dalam kehidupan sehari-hari”
v
Guru menginformasikan bahwa minggu depan adalah penyampaian materi tentang
pembentukan bayangan, kekuatan dan perbesaran lensa pada mata dan kacamata,
lup, mikroskop dan teropong, kemudian menutup pelajaran dengan mengucapkan
salam.
V.
Sarana
dan Sumber Belajar
1.
Buku Fisika SMA 4. Lensa
bikonveks
2.
LKS 5.
Lensa bikonkaf
3.
Power point 6.
Senter
VI.
Penilaian
-
Jenis penilaian :
tugas kelompok
-
Bentuk : unjuk kerja,
laporan
Cihampelas, 26 Oktober 2010
Mengetahui
Kepala SMA Darul Falah, Guru Mata Pelajaran
H. Asep Gojwan S, M.Pd Rohadian Nurul Amal
NIP. 19730708200003.1.004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar