RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Darul Falah Cihampelas
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas / Semester :
X (Sepuluh) / 2 (Dua)
Waktu :
2 jam pelajaran (2x 40menit)
Standar Kompetensi :
4. Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi
energi pada berbagai perubahan energi
Kompetensi
Dasar :
4.1
Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
4.3
Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah
Indikator :
1.
Menganalisis pengaruh
kalor terhadap perubahan wujud benda
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran ini siswa diharapkan mampu menganalisis pengaruh kalor terhadap
perubahan wujud benda.
II.
Materi
Pembelajaran
1.
Perubahan kalor terhadap wujud benda
2.
Asas
Black
III.
Metode
Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran :
Direct Instruction
2.
Metode Pembelajaran :
Ceramah, Demonstrasi, dan Diskusi
IV.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
Pendahuluan (5 menit)
v
Apersepsi :
Guru mengajukan pertanyaan :
-
Berapa besar kalor yang diserap atau dilepaskan
suatu benda?
-
Apa yang dimaksud kapasitas kalor?
v
Motivasi :
Guru melakukan demonstrasi bersama salah seorang anak dengan mencampurkan
air panas dan air dingin.
v
Informasi :
Guru menginformasikan indikator yang harus siswa capai setelah melakukan
pembelajaran.
2.
Kegiatan inti (70
menit)
v
Eksplorasi
-
Guru berdiskusi
dengan siswa tentang persamaan untuk kalor, kalor jenis, dan kapasitas kalor.
-
Guru melakukan
diskusi interaktif dengan siswa tentang asas Black.
-
Guru mendiskusikan
perubahan kalor terhadap wujud benda.
v Elaborasi
Siswa dengan di bimbing oleh guru mengerjakan contoh soal
tentang kalor, kalor laten, pemuaian panjang, pemuaian luas, pemuaian volume
dan asas Black.
v
Konfirmasi
Guru
memberi penguatan tentang latihan soal yang telah dikerjakan siswa di papan
tulis
3.
Penutup (5 menit)
v
Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses
pembelajaran dan hasil belajar yang telah mereka peroleh.
v
Siswa memperoleh kesempatan bertanya mengenai konsep yang
belum dipahami.
v
Guru menugaskan siswa mengerjakan PR yaitu :
-
Mengerjakan latihan soal 2, 3, 4, 5, 6, dan 10 pada modul.
-
Setiap kelompok siswa ketika praktikum membuat makalah :
Kelompok 1 tentang perpindahan kalor dengan cara konduksi
Kelompok 2 tentang perpindahan kalor dengan cara konveksi
Kelompok 3 tentang perpindahan kalor dengan cara radiasi
v
Guru menginformasikan bahwa minggu depan adalah penyampaian materi tentang cara
perpindahan kalor, kemudian menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
V.
Sarana
dan Sumber Belajar
1.
Buku Fisika SMA
2.
Modul
3.
Air panas
4.
Air dingin
5.
Gelas
VI.
Penilaian
-
Jenis penilaian :
tugas individu
-
Bentuk : unjuk kerja, laporan
Cihampelas, 26 Oktober 2010
Mengetahui
Kepala SMA Darul Falah, Guru Mata Pelajaran
H. Asep Gojwan S, M.Pd Rohadian Nurul Amal
NIP. 19730708200003.1.004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar