Sabtu, 26 Mei 2012

rpp optik


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                  : SMA Darul Falah Cihampelas
Mata Pelajaran                    : Fisika
Kelas / Semester                : X (Sepuluh) / 2 (dua)
Waktu                                    : 2 jam pelajaran (2x 40menit)
 

Standar Kompetensi   :
3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik 

Kompetensi Dasar  :
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif

Indikator  :
1.    Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik pada mata dan kacamata, kamera, lup, dan mikroskop
2.    Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum
3.    Menganalisis pembentukan bayangan pada mata dan kacamata, kamera, lup, dan mikroskop
4.    Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi
5.    Menghitung perbesaran lup dan mikroskop

I.      Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini siswa diharapkan mampu menjelaskan fungsi dari bagian alat optik, pembentukan bayangan, kekuatan lensa, dan perbesaran.

II.   Materi Pembelajaran
1.    Alat-alat optik

III. Metode Pembelajaran
1.    Model Pembelajaran : Direct Instruction
2.    Metode Pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, dan Diskusi


IV.  Langkah – Langkah Pembelajaran
1.    Pendahuluan (5 menit)
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, memeriksa kehadiran siswa, kemudian guru melakukan :
v  Apersepsi :
Guru meminta siswa yang berkacamata maju ke depan, lalu mengajukan pertanyaan :
-          Ada yang tahu mengapa teman kalian ini memakai kacamata?
-          Coba kalian sebutkan alat-alat optik yang kalian ketahui!
v  Motivasi :
Guru menjelaskan berbagai fenomena sambil mengajukan pertanyaan berikut :
-          Mengapa kita dapat melihat benda-benda langit yang jauh?
-          Mengapa kita dapat melihat bakteri yang sangat kecil?
v  Informasi :
Guru menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator yang harus siswa capai setelah melakukan pembelajaran melalui slide dalam power point.
2.    Kegiatan inti (70 menit)
v  Eksplorasi
-          Guru berdiskusi dengan siswa tentang bagian-bagian mata dengan menggunakan power point.
-          Guru menjelaskan pada siswa dengan tanya jawab tentang pembentukan bayangan pada mata tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum.
-          Guru berdiskusi dengan siswa tentang jalannya sinar pada cacat mata myopi, hipermetropi, dan presbiopi.
-          Guru berdiskusi dengan siswa tentang kacamata penolong untuk cacat mata myopi, hipermetropi, dan presbiopi.
-          Guru berdiskusi dengan siswa tentang bagaimana menghitung kekuatan kacamata negatif dan kacamata positif dengan menggunakan rumus.
-          Guru berdiskusi dengan siswa tentang fungsi dari bagian alat optik dan perbesaran pada kamera, lup, dan mikroskop.
v  Elaborasi
Guru meminta siswa mengerjakan beberapa soal dengan mencontohkan cara penyelesaian soalnya.

v  Konfirmasi
Guru memberi penguatan tentang latihan soal yang telah dikerjakan siswa.
3.    Penutup (5 menit)
v  Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap seluruh proses pembelajaran dan hasil belajar yang telah mereka peroleh.
v  Guru menugaskan siswa mengerjakan PR yaitu latihan soal.
v  Guru menginformasikan bahwa minggu depan adalah praktikum untuk membuat teropong sederhana, kemudian menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
V.     Sarana dan Sumber Belajar
1.    Buku Fisika SMA                                    4. Lup
2.    LKS                                                     5. Mikroskop
3.    Power point

VI.  Penilaian
-          Jenis penilaian : tugas kelompok
-          Bentuk : unjuk kerja, laporan

                                              










Cihampelas, 26 Oktober 2010
Mengetahui
Kepala SMA Darul Falah,                                                          Guru Mata Pelajaran



H. Asep Gojwan S, M.Pd                                                         Rohadian Nurul Amal
NIP. 19730708200003.1.004                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar